Arena.Xlsm : Bermain game RPG dengan Microsoft Excel


Kalau selama ini kita menggunakan fasilitas dari Microsoft Excel untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari, baik itu untuk mengolah data penelitian maupun data yang lain, maka pernahkah kita terbayang untuk memainkan game – apalagi bertipe RPG- dengan menggunakan Microsoft Excel? Hehe, mungkin sedikit terdengar konyol, namun tanpa sengaja ketika browsing saya menemukan sebuah game RPG berbasis Microsoft Excel yang dikombinasikan dengan Macro, game ini dinamakan Arena.Xlsm. Saya tidak akan membicarakan user interface yang ‘wah’ seperti game RPG pada umumnya ketika berkenalan dengan game ini, namun saya akan mengulas dari sisi konsep dan orisinalitasnya dimana menurut saya game ini :  jenius.

Bagaimana tidak, sebuah game, apalagi RPG dimainkan melalui media Microsoft Excel. Game ini sendiri memiliki konsep Strategy – RPG, dimana kita memainkan sebuah karakter  ‘:D’ dengan arena cell pada Excel. Disini kita harus berjuang untuk mengalahkan musuh-musuh. Setiap kita mampu mengalahkan musuh secara bertingkat, kita akan mendapatkan Fame/Exp yang dapat meningkatkan level dan stats kita, selain itu jika kita memenangkan suatu pertempuran, jika beruntung kita akan mendapatkan Equipment berupa senjata, baik Melee maupun Range. Disini dituntut kejelian dan strategi kita memenangkan pertempuran, sejauh mana kita akan bertahan menghadapi musuh atau Boss pada permainan ini.

Secara umum dilansir dari blog pembuatnya, game ini dapat dimainkan pada Office 2007 maupun 2010, (untuk 2013 belum dilakukan testing, namun kemungkinan besar compatible). Game ini tidak dapat dijalankan di Microsoft Excel untuk Mac OS. Nah, bagi teman-teman yang penasaran dapat mengunduh game tersebut (format .Xlsm) di halaman berikut. Tertarik untuk memainkannya? Di bawah ini ilustrasi game tersebut ketika saya memainkannya.

Leave a comment