Pada tulisan sebelumnya,kita telah membahas bagaimana menggunakan caption, membuat daftar gambar/tabel serta menggunakan referensi, kali ini saya akan coba sedikit menjelaskan bagaimana membuat kutipan dan daftar pustaka menggunakan Ms. Word. Bagi teman-teman yang sering terlibat dalam pembuatan karya ilmiah atau penelitian (skripsi/tesis) pasti tidak asing dalam menggunakan kutipan (citation) dan daftar pustaka sebagai referensi yang berkaitan dengan penelitian yang sedang dilakukan. Citation yang digunakan umumnya berupa teori-teori atau informasi penelitian terdahulu, sedangkan daftar pustaka (bibliography) adalah kumpulan referensi yang kita gunakan dalam membangun penelitian kita. Dengan menggunakan citation kita berupaya menghargai karya intelektual orang lain dan menghindarkan kita dari plagiarisme, serta sebagai informasi bagi pembaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang penelitian kita
Membuat kutipan (citation)
Dikutip dari Wikipedia, ada berberapa format penulisan citation yang sering digunakan, antara lain APA, MLA, Oxford. Nah, bagaimana cara menambahkan kutipan tersebut ke dalam dokumen Ms Word? Pada tab Reference -> pilih Style citation, kemudian pilih Insert Citation->Add New Source
Setelah itu akan muncul dialog untuk menambahkan citation. Pada dialog ini teman-teman dapat menambahkan informasi yang diperlukan untuk melakukan citation
Pada pilihan Type of Source, kita isikan bentuk sumber referensi kutipan kita, bisa berupa buku, jurnal, website, film, atau bahkan interview.
Isikan nama penulis pada bagian author, jika penulisnya lebih dari satu orang saya sarankan manfaatkan tombol Edit untuk mengisikan daftar penulis nya. Jika penulisnya adalah suatu lembaga, misalkan sumber kutipan adalah publikasi BPS, maka centang pada pilihan Corporate Author dan isikan Badan Pusat Statistik, sehingga nanti ketika membuat daftar pustaka nama penulisnya tidak terbalik.
Selanjutnya pada isian berikutnya isi berturut-turut judul sumber, keterangan tahun terbit, kota dan nama penerbit. Jenis keterangan ini bergantung pada jenis sumber yang kita gunakan, dan mungkin akan sedikit berbeda satu dengan yang lainnya
Nah ketika selesai pilih OK, maka akan tampil citation sesuai style yang telah ditentukan sebelumnya.
Mengelola citation
Mengenang proses penulisan skripsi saya terdahulu, saya lebih memilih untuk memasukkan semua sumber referensi yang berkaitan dengan penelitian, baru kemudian menampilkannya dalam bentuk kutipan. Kita dapat melakukannya dengan memilih Manage Sources, sehingga akan tampil dialog untuk mengelola daftar referensi kita, tanda centang menunjukkan bahwa referensi tersebut telah dikutip dalam dokumen tersebut.
Membuat daftar pustaka (bibliography)
Ketika kita telah memiliki daftar sumber referensi, maka kita dapat membuat daftar pustaka dengan mudah dengan memilih tab Reference -> Bibliography maka semua daftar pustaka akan dibuat secara otomatis. Mudah bukan?
Semoga tips yang singkat ini cukup bermanfaat buat teman-teman, khususnya buat yang sedang menyusun karya ilmiah dan penelitian 🙂