dynamic reports sebagai reporting tool Java


Penggunaan reporting pada suatu aplikasi apalagi yang berupa sistem informasi, merupakan kebutuhan yang sangat penting yang harus dimiliki. Pada aplikasi Java, umumnya lebih mengenal Jasper Report sebagai library bantuan kita, namun ada kalanya penggunaan nya menjadi tidak efisien, dimana kita harus menyiapkan desain visual, melakukan desain kemudian melakukan compile  file report berformat *.jrxml. Selanjutnya file itu yang akan dipakai sebagai tempat untuk menampung data kita, sungguh cukup merepotkan. Untuk itu kita dapat menggunakan alternatif yang lain yaitu Dynamic Report. Sebenarnya dynamic report pun berbasis Jasper Report, namun kita dapat membuat desainnya secara dinamis tanpa harus melakukan desain secara visual terlebih dahulu selain itu penggunaannya cukup mudah buat orang yang masih awam seperti saya misalnya, karena dynamic report juga menyediakan dokumentasi yang lengkap serta contoh yang sangat-sangat komplit dari bagaimana awal membuat desain, menyiapkan data sampai menampilkan dalam berbagai bentuk. Teman-teman bisa download library serta contoh lengkap (Eclipse project atau Netbeans project) di Sourceforge. nah setelah teman-teman download ekstrak kemudian tambahkan library pada project di file /lib, untuk contohnya bisa di buka dari netbeans/eclipse folder example, penampakannya terlihat seperti ini (menggunakan Netbeans)

Nah, yuk kita mulai berlajar dari examle project ..
Pertama-tama lihat file Template.java di folder net.sf.dynamicreports.examples (nomor dua dari atas di source packages), disitu merupakan template code yang wajib kita copy ke dalam project yang ingin kita buat. Template tersebut berisi style dan format dalam menampilkan currency,, dan bisa dimodifikasi juga menurut keinginan kita, namanya juga dinamis,, hehe misalkan kalo saya, biasanya mengubah Locale menjadi Locale.GERMAN, untuk mengubah separator desimal dari “,000” menjadi “.000” seperti yang digunakan di Indonesia

Nah, selanjutnya teman-teman bisa lihat souce di folder net.sf.dynamicreports.examples.gettingstarted disitu dijelasin secara jelas pake banget dari dasar (ada sekitar 12 langkah) gimana menampilkan data report, diikuti aja step-step dari tiap file step itu, baru kemudian beralih ke folder lainnya, misalnya di folder net.sf.dynamicreports.examples.datasource disitu dijelasin gimana menyiapkan resource untuk sumber data kita, dimana dynamic report mendukung sumber data yang berasal dari List, DB resource atau XML, kalo saya sendiri sih biasanya pisahin query untuk bikin laporan kemudian data dimasukkan ke dalam bentuk List..

Intinya harus sering banyak coba dan kalo ada kesulitan bisa dilihat di forum, mungkin kesulitan yang teman2 alami udah pernah dibahas juga sebelumnya disana..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s